Social Icons

Pages

Rabu, 03 Agustus 2011

Tafsir Ahkam bil Qawaid Ushul Fiqh (Qs. Al-Hujurat: 11)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (Qs. Al-Hujurat: 11)

يقول تعالى ذكره ياأيها الذين صدقواالله و رسوله لايهزأ قوم مؤمنون من قوم مؤمنين عسى أنيكون خيرا منهم يقول المهزوءمنهم خير من الهازئين ولانساء من نساء يقول ولا يهزأ نساء مؤمنات من نساء مؤمنات عسى المهزوءمنهن أن يكن خيرا من الهازئات, واختلف أهل التأويل في السخرية التي نهى الله عنها المؤمنين في هذه الأية فقال بعضهم هى سخرية الغنى من الفقير نهى أن يسخر من الفقير لفقره ذكر من قال ذلك حدثنى محمد بن عمرو قال ثنا أبو عاصم قال ثنا عيسى وحدثنى الحرث قال ثنا الحسن قال ثنا و رقاء جميعا عن ابن أبي نجيح عن مجاهد لايسخر قوم من قوم قال لا يهزأ قوم بقوم أن يسأل رجل فقير غنيا أو فقيرا وان تفضل رجل عليه بسئ فلا يستهزئ به

ASBABUN NUZUL
Surat al-hujurat terdiri dari 18 ayat, dan termasuk kedalam golongan surat-surat madaniyah, dan di turunkan sesudah surat al-Mujaadalah.
Dinamai al-Hujurat (kamar-kamar), diambil dari perkataan “al-Hujurat” yang terdapat pada ayat 4 surat ini. Ayat tersebut mencela para sahabat yang memanggil Nabi Muhammad SAW yang sedang berada di dalam kamar bersama istrinya. Memanggil Nabi Muhammad SAW dengan cara dan dalam keadaan yang demikian menunjukkan sifat kurang hormat kepada beliau dan mengganggu ketentraman beliau.
Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa seorang laki-laki mempunyai dua atau tiga nama. Ayat ini (al-hujurat: 11) turun sebagai larangan menggelari orang dengan nama-nama yang tidak menyenangkan. Diriwayatkan dari kitab sunnah yang empat (Sunan Abi Dawud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasai dan Sunan Ibn Majjah), yang bersumber dari Abu Zubair Ad-Dlahhak. Menurut At-Tirmidzi hadits ini hasan.
Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa nama-nama gelar jahiliyyah sangat banyak. Ketika Nabi Muhammad SAW memanggil seseorang dengan gelarnya, ada yang memberitahukan kepada beliau bahwa gelar itu tidak disukainya. Maka turunlah ayat ini (Al-Hujurat:11) yang melarang memanggil orang dengan gelar yang tidak disukainya.
Diriwayatkan oleh Al-Hakim dll, yang bersumber dari Abu Zubair ad-Dlahhak. Dalam riwayat lain bahwa ayat ini, turun berkenaan dengan Bani Salamah. Nabi SAW tiba di Madinah pada saat orang-orang biasanya mempunyai dua atau tiga nama. Pada suatu saat Rosulullah memanggil dengan seseorang dengan salah satu namanya, tetapi ada orang yang berkata “ya Rosulullah, sesungguhnya ia marah dengan panggilan itu.” Ayat wa laa tanabazu bil haq (dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan panggilan yang buruk) (Qs. Al-Hujurat:11) turun sebagai larangan memanggil orang dengan sebutan yang tidak disukainya. Diriwayatkan oleh Ahmad yang bersumber dari Abu Zubair bin Ad-Dlahhak.[1]

v انواع فهم النص

Ø عبارة النص
النهي عن شخر قوم من قوم

Ø دلالة النص
A.   دلالة النص المنطوق
·         النهي عن غيبة قوم من قوم
·         النهي عن قول منكر قوم من قوم
·          النهي عن قتل قوم من قوم

B.   دلالة النص المفهوم
a)     مفهوم موافقة
(الأصل في النهي للتحريم)
·        حرمت عن غيبة قوم من قوم
·        حرمت عن قول منكر قوم من قوم
·        حرمت عن قتل قوم من قوم

b)    مفهوم مخالفة
(الأصل في الأمر للوجوب)
·        الأمر باحترام قوم من قومم

Ø إشارة النص
·        الأمر بإيجاد التربية التسمح بينهم

Ø  Mewujudkan kerukunan hidup bersama.
Ø  Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi tingkat toleransinya
Lihat al-Hujurat ayat 13, menerangkan/menjelaskan tentang perbuatan-perbuatan.
Ø  Kejelekan dan keburukan tidak terkait pada kaumnya, tapi terkait pada perbuatan-perbuatan, baik itu individu maupun kolektif
Ø  Menciptakan kedamaian antar suatu kaum.
Ø  Menghilangkan prasangka buruk terhadap sekelompok orang
Ø  Menghilangkan tindakan/kelakuan mencari kesalahan orang lain agar tidak mengakibatkan perpecahan antar golongan.
Surat al-Hujurat menerangkan tentang akhlak yang baik, yang berhubungan dengan sikap orang mu’min terhadap Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, dan sikap mereka terhadap saudara-saudara yang seagama, sopan santun dalam pergaulan antar kelompok dan pergaulan antar bangsa.
{ والله أعلم بالصواب }


[1] Q. Shaleh dan A.A. Dahlan Dkk, Asbabun Nuzul Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-ayat Al-Qur’an. (Bandung: CV. Penerbit Dipenorogo, 2000 cet. terakhir), h. 516-517

Tidak ada komentar:

Posting Komentar